November 07, 2007

perjalanan

Ketika kau memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan dalam hidup, inilah yang akan kau alami :
  1. Antusiasme : Berangkat dengan semangat meluap, dunia tampak indah, engkau meloncat-loncat kegirangan.
  2. Kelelahan : Setelah beberapa saat, nafasmu mulai tersengal. Perjalanan masih panjang dan tak mudah, ada keinginan untuk berhenti sebelum terlambat. Namun ambisimu berkata "kuatkan hati, jalan terus, aku bisa!"
  3. Ritme : Sedikit demi sedikit langkah dan nafasmu mulai teratur, kau makin menguasai medan perjalanan, kau melangkah dengan efisien.
  4. Kebosanan : Kau melangkah dalam rutinitas, otomatis, biasa saja, tanpa tantangan. Kau coba bersiul mengusir rasa jenuh.
  5. Keisengan : Aha, kau melihat belokan di depan, sebuah jalan terjal yang menantangmu, maka kau berbelok , berharap menemukan sensasi dan pengalaman baru. Semangatmu kembali meluap, jantungmu berdegup keras.
  6. Kesalahan : Tiba-tiba kau sadar telah salah arah dan melenceng dari tujuan ketika jalan yang kau tempuh membawamu berputar-putar dan berakhir pada beberapa jalan buntu.
  7. Kesadaran : Kau berjuang keras dan berhasil kembali ke jalan utama, kau berjanji untuk tidak melakukan kesalahan lagi.
  8. Keraguan : Begitu lama kau berjalan tanpa melihat tanda-tanda akhir tujuan. Sampai kapan? Mungkinkan jalan yang kau tempuh salah (lagi)?
  9. Keputusasaan : Tenaga dan harapanmu telah sirna, kau menyusuri perjalanan tanpa kepastian. Apakah ada bedanya bila kau terus berjalan atau berhenti disini, menyerah dan kembali dengan sia-sia?
  10. Jawaban (atau ilusi?) : Kau tak kuasa memilih lalu tersungkur. Kau masih sempat melihat samar-samar, tepat di hadapanmu, terhampar tujuan akhir perjalananmu. Kini kau tersenyum, "Ah... akhirnya aku telah sampai".

1 komentar:

Ndoro Seten mengatakan...

Piye kabare Mas, lama nggak mampir je......masih sering ke KC TIM nggak?